Minggu, 20 Januari 2008

Persipura vs Persija


Tak Boleh Sembrono
dre.mhs&m.jakarta.Kekalahan 2-3 di semifinal Copa Indonesia amat menyakitkan kubu Persija. Peluang untuk melakukan pembalasan terbuka saat Macan Kemayoran kembali bertemu Persipura di laga pamungkas 8 besar Liga Djarum Grup Timur di Stadion Delta, Sidoarjo, Senin (21/1). Evaluasi total dilakukan pelatih Serghei Dubrovin dan asistennya, Isman Jasulmei. Salah satu yang bakal dibenahi saat bertemu Tim Mutiara Hitam adalah kinerja lini belakang.
“Di Copa bek-bek kami kurang cekatan mengawal pergerakan duet penyerang Alberto Goncalves dan Ernest Jeremiah. Ini tak akan terjadi di Solo. Kami akan main rapat,” ungkap Isman. Ia menjamin tak ada lagi cerita Hamka Hamzah cs. sembrono meninggalkan posnya. Mereka diinstruksikan berkonsentrasi mengawasi kecepatan striker-striker Persipura, terutama saat melakukan serangan balik.
Arus serangan dari sayap kiri bakal lancar karena M. Ilham bisa tampil. Robertino Pugliara bisa kembali fokus mengendalikan serangan dari poros tengah.

Kuras Stamina
Persija pun bakal mengusung permainan cepat untuk menguras stamina pemain lawan. “Stamina para pemain Persipura hanya stabil pada 45 menit pertama. Setelah itu naps mereka habis,” ungkap Isman.
Kondisi itu juga disadari pelatih Persipura, Raja Isa. “Stamina memang menjadi masalah. Jarak pertandingan yang saling berdekatan membahayakan stabilitas permainan. Tapi, itu akan kami atasi. Pemain tak perlu melakukan latihan berat selama 8 besar,” tutur Raja. Ia ingin pasukannya memosisikan diri sebagai underdog. ”Motivasi mereka juga tengah tinggi sebab ingin membalas kekalahan,” ucap eks asisten pelatih klub Telekom Malaka itu.
Yang pasti motivasi punggawa Persija bakal berlipat dengan iming-iming bonus Rp 1,2 miliar yang dijanjikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, jika menjuarai Liga Djarum.

Tidak ada komentar: