Minggu, 28 Oktober 2007

Persiwa vs Persebaya

Kehilangan Atmosfer

dre.mhs&m.jakarta. Sebulan lebih menjalani libur kompetisi mendatangkan persoalan tersendiri untuk Persiwa. Laga melawan Persebaya Senin (29/10) di Stadion Pendidikan, Wamena, pun harus dilalui dengan ekstra hati-hati.
Skuad The Highlanders bisa kehilangan atmosfer kompetisi lantaran lama tak bertanding. Konsentrasi sedikit menurun. Berlainan dengan klub-klub asal Jawa dan Sumatra, yang mudah menggelar uji coba selama Ramadan lalu, Persiwa sulit mendapatkan uji coba
sepadan di daerahnya. Alhasil dalam latih tanding terakhir yang digelar menghadapi tim PON Papua, mereka cuma bisa menang tipis 3-2.
Menjamu Bajul Ijo, peringatan pun diberikan Joko Susilo. "Kekuatan Persebaya berbeda dengan putaran pertama, ini yang harus kami waspadai," ujar pelatih Persiwa itu. Meski demikian, Joko tetap meyakini jika anak asuhnya bisa tetap memetik poin penuh. "Mereka akan memiliki dua lawan: tim kami dan udara dingin dengan oksigen tipis," jelas Joko.
Sebaliknya bagi Bajul Ijo, tur ke Papua, yang memakan biaya hingga 180 juta rupiah, diharapkan bisa diimbangi dengan pencapaian poin. Tuntutan itu disampaikan manajer Bajul Ijo, Lilik Suhartoyo. “Rugi besar jika kami harus mengeluarkan ongkos sebesar itu tapi tak mampu bawa pulang poin dari sana. Anak-anak harus bertanggung jawab karena dana itu dari uang rakyat,” kata Lilik.
Hanya, para pemain tahu betul hal itu tak akan mudah. “Udara di sana sangat tipis dan dingin. Ini tak menguntungkan bagi kami, yang terbiasa bermain di daerah panas seperti Surabaya,” ujar Sugiantoro, kapten Persebaya.
Pelatih Suhatman pun menyiapkan pemain barunya, Augustine Kettor, untuk bertandem dengan Juan Vallejos di lini depan. Pemain asal Liberia itu diharapkan mampu menjalankan tugasnya menggantikan personel asing sebelumnya, Pablo Rojas, yang pulang ke Cili akibat cedera. “Semoga kali ini tak salah pilih pemain. Saya harap ia cepat beradaptasi dengan pemain lain,” ujar Suhatman. Sebelumnya Persebaya memang pernah mengalami nasib sial saat merekrut Batang Ba Issom, yang tampil tak seperti yang diharapkan manajemen Bajul Ijo.

Tidak ada komentar: